Sabtu, 11 April 2015

MAKALAH POLA HIDUP MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT



POLA HIDUP MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT

                            
KELOMPOK 2
KETUA               : MUKHAJIR T.                         (31)            
SEKRETARIS     : NURFADILLAH                      (16)
BENDAHARA     : DESIANI                                 (07)
ANGGOTA                   : PUTRI CHALWUTIA    (04)
                                         NURFADLIANI                     (29)  
                                         KHARISMA NADYA             (39)
                                         INDRA GHANDI                   (12)
                                         KIKI                                       (03)    
          
  

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 23 MAKASSAR
2015






BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG


            Semua orang pasti ingin hidup tanpa menderita penyakit seumur hidupnya. Tapi untuk memenuhi keinginn itu tidaklah mudah dan bahkan mustahil. Tentu semu orang pernah menderita penyakit ringan ataupun berat. Penyakit tidak mungkin dihilangkan tetapi dengan gaya hidup sehat, penyakit dapat dihindari. Salah satu cara untuk mnerapkan gaya hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.
            Makanan bukanlah sekedar untuk mengenyangkan perut. Tubuh juga memerlukan zat gizi yang cukup untuk membantu pertumbuhan jika masih dalam usia pertumbuhan, membantu regenerasi sel dan menyembuhkan luka, untuk memproduksi energi gizi aktivitas tubuh, dan lain sebagainya. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, perubahan gaya hidup masyarakat telah mempengaruhi pola makan dan kesehatan. Perubahan itu menimbulkan sebagian masyarakat cenderung menyukai makanan kandungan gizinya tidak seimbang. Selain itu, pemikiran yang serba instan menyebabkan banyak orang untuk mengkonsumsi makanan yang cepat saji.


















B.     RUMUSAN MASALAH
              
               Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah makalah ini adalah :
1.      Apa Sumber Makanan Dan Minuman Sehat Bagi Tubuh?
2.      Apa Zat Gizi Yang Dibutuhkan Tubuh?
3.      Apa Fungsi Zat Gizi Yang Telah Disebutkan Dengan Lengkap?
4.      Apa Manfaat Dari Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Sehat?
5.      Apa Faktor-Faktor Yang Mendukung Pola Hidup Sehat?


















C.    TUJUAN PENULISAN
               Berdasarkan rumusan masalah diatas,tujian penulisan makalah ini adalah:
1.      Menjelaskan sumber makanan dan minuman sehat bagi tubuh.
2.      Menjelaskan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
3.      Menjelaskan fungsi zat gizi yang telah disebutkan dengan lengkap.
4.      Menjelaskan manfaat dari mengonsumsi makanan dan minuman sehat.
5.      Menjelaskan faktor-faktor yang mendukung pola hidup sehat.



















D.    MANFAAT PENULISAN
         Karya tulis ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis.
1.      Bagi remaja, penelitian ini dapat untuk mengingatkan remaja agar tidak terlalu sering mengonsumsi makanan instan, agar terhindar dari penyakit yang berbahaya dan pola makan yang tetap terjaga dengan baik.
2.      Bagi khalayak umum, penelitian ini dapat dijadikan acuan bagaimana mengonsumsi makanan instan secara baik
3.      Bagi tenaga penyuluh, penelitian ini dapat dijadikan bahan dalam memberikan penyuluhan tentang dampak penggunaan makanan terhadap pengaruh kesehatan
4.      Bagi peneliti, penelitian ini dijadikan kajian awal untuk melakukan penelitian lanjutan.
















BAB II
PEMBAHASAN
a)      Sumber Makanan Dan Minuman Sehat Bagi Tubuh
Makanan Sehat 




Makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk melangsungkan hidupnya. Melalui makanan, manusia mendapatkan kenikmatan berupa rasa kenyang dan juga makanan bukan hanya sekedar penghilang lapar, tetapi  kita harus makan makanan yang baik untuk tubuh kita. Makanan sehat di dalam Islam sangatlah penting untuk disimak, hal ini bukan hanya pada persoalan hukum halal atau haram makanan, tetapi kualitas (bobot kandungan gizi) dan efek kesehatan makanan terhadap tubuh. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan atau makanan sehat adalah makanan yang higienis ( makanan yang tidak mengandung penyakit atau zat yang dapat membahayakan kesehatan kita), bergizi (makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dalam jumlah yang seimbang sesuai kebutuhan kita), dan berkecukupan (makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia dan kondisi tertentu).


Manfaat makan sehat untuk tubuh kita :
  1. Sebagai sumber energi
  2. Sebagai pembangun tubuh
  3. Sebagai pelindung tubuh 
  4. Menjaga tubuh dari kondisi stres
  5. Meningkatkan inteligensi
  6. Memelihara reproduksi 




Contoh-contoh makanan sehat :


1.      Beras Merah

Serat dan nutrisi beras merah sangat baik sekali untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin terhindar dari penyakit tersebut. 

2.      Brokoli

Sayuran ini mempunyai banyak kandungan seperti antioksidan, vit C, K, E, B, mineral, kalsium, xat besi, kalium, dan beta karoten. Dan oleh karena itu brokoli bisa mencegah berbagai penyakit diantaranya seperti penyakit kanker, penyakit kanker, penyakit jantung, penyakit stroke, tulang keropos, dan penyakit lainnya.

3.      Bayam

Bayam salah satu jenis tanaman sayuran yang memiliki banyak manfaatnya yaitu seperti dapat menghaluskan kulit, dapat menghambat enzime tirosinase, mampu memperbaiki kerja insulit, mejaga stamina otot, untuk membangun tulang dan juga gigi, imput saraf, kinerja jantung, serta pembekuan darah yang benar. Bayam terdiri dari dua jenis yaitu bayam merah dan bayam hijau. Secara umum kedua bayam tersebut memiliki kandungan gizi dan manfaat yang sama.

4.      Teh hitam 

Teh hitam juga mempunyai kandungan anti peradangan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit kanker, penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

5.      Ikan salmon 

Ikan salmon ini sumber dari asam lemak Omega-3 yang terbaik. Manfaat ikan salmon yaitu dapat memerangi penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, dapat melindungi sendi, memperbaiki mooa dan kognisi serta dapat mengobati masalah mata seperti mata kering.

6.      Alpukat 

Buah ini penuh lemak tak jenuh. Alpukat mempunyai vit C dan E, kalium, dan lutein. Alpukat mampu mencegah kanker, penyakit jantung, dan masalah mata.  


7.      Telur

Meski belakangan ini telur sering dicap buruk oleh kalangan masyarakat, akan tetapi tahukah anda bahwa telur ini merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Manfaat dari telur diantaranya dapat meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan agar tetap sehat, mengembangkan otak, memperkuat penglihatan, serta dapat mencegah cacat lahir dan kanker payudara. 

8.      Pisang

Sumber yang kaya akan kalium dan serat. Buah ini dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, saluran pencernaan, dan mencegah perkembangan kanker.

9.      Strawberry

Strawberry ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengatur kadar gula darah (yang memainkan peran dalam menyembuhkan dan mengobati diabetes) dan melawan penyakit berbahaya lain seperti kanker. 

10.  Tomat

Tomat ini banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tomat diantaranya adalah dapat membantu menurunkan resiko gangguan jantung, menghilangkan kelelahan dan dapat menambah nafsu makan, menghambat pertumbuhan sel kanker (pada prostat, leher rahim, payudara, dan endometrium), memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia, mengurangi resiko radang usus buntu, membantu menjaga kesehatan (seperti organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar), mengobati diare, meningkatkan jumlah sperma pada pria, memulihkan fungsi lever, dan bisa mengatasi kegemukan.

11.  Jeruk 

Buah jeruk ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat jeruk diantaranya adalah menurunkan resiko kanker usus besar,  sebagai sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menimbulkan tanda-tanda penuaan, membantu mempertahankan keremajaan kulit meski usia swudah beranjak 50 tahun, membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan bisa menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. 

12.  Apel 

Buah apel ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya yaitu dapat mencegah asma, mengurangi berat badan, mencegah kanker payudara, mencegah kanker usus, mencegah kanker paru-paru, dapat melindungi tulang, mencegah kanker hati, menurunkan kadar kolestrol, mengontrol diabetes, membersihkan dan menyegarkan mulut. 


13.  Kopi
Manfaat kopi untuk kesehatan ternyata banyak sekali, meskipun terkadang banyak orang yang beranggapan jika kopi termasuk minuman yang tidak sehat. Berdasarkan penelitian, kopi mengandung banyak antioksidan yang perlu diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari radikal bebas. Manfaat dari kopi yaitu mengobati diabetes, mengurangi resiko sroke, mencegah kanker, mengurangi resiko liver.


Minuman Sehat

               Minum merupakan salah satu kebutuhan utama kita. Seperti kita ketahui, hampir 70% tubuh kita terdiri dari air. Hal ini membuat kita harus mengkonsumsi air atau cairan secara rutin untuk menjaga agar tubuh kita tidak dehidrasi.

1.      Air Putih

Air putih merupakan rekomendasi para dokter dan pakar kesehatan, hampir di seluruh dunia karena mengkonsumsi air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh mampu membersihkan sistem pencernaan, serta menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Ini membuat tubuh dan perut bersih dari limbah makanan. Konsumsi air yang cukup adalah minum paling sedikit 8 gelas air putih per hari.
2. Air Kelapa Segar

Air kelapa segar ( air kelapa muda ) terbukti bisa mendetoksifikasi tubuh secara alami. Selain membersihkan saluran pencernaan, minum air kelapa akan meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat menjaga tubuh agar tidak mudah kehilangan cairan tubuh.
3.      Jus Labu

Jus labu adalah salah satu obat alami yang sangat baik bagi mereka yang menderita masalah pencernaan dan asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan sifat basa labu yang mampu menyembuhkan masalah pencernaan.
4.      Teh Hijau
            Teh hijau adalah antioksidan alami dengan kandungan polifenol yang membantu meregulasi glukosa dalam darah. Polyphenol menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, sehingga mencegah glukosa memasuki aliran darah

5.      Jus cranberry
Cranberry dikenal sebagai buah-buahan dengan kemampuan antioksidan yang tinggi bermanfaat juga sebagai obat untuk mengobati infeksi saluran urin. Selain itu, sifat asam yang berasal dari buah cranberry juga mampu menghambat perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

6.      Wedang Jahe
Wedang jahe merupakan sejenis minuman jahe. Minuman ini membantu menghangatkan badan dan badan akan terasa bugar setelah meminumnya.

7.      Yoghurt 

Yoghurt ini sebenarnya salah satu produk susu yang mengandung banyak bakteri baik. Dan selain itu, yoghurt dengan kultur aktif dapat membantu mengobati kondisi pencernaan seperti sembelit, diare, intoleransi laktosa, kanker usus besar, penyakit usus serta mencegah osteoporosis, dan mengatur tekanan darah. 

8.      Susu

Susu memiliki sifat menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Susu akan  mengurangi produksi kolesterol, dan bisa bertindak sebagai antasida. Vitamin A dan B dalam susu akan membantu untuk membangun penglihatan yang baik. Susu juga telah menunjukkan dapat  membantu menurunkan risiko kanker tertentu. Susu mengandung protein, yang membantu untuk membangun kembali otot. Susu juga merupakan sumber kalsium, yaitu yang penting untuk kesehatan tulang.

























b)     GAMBAR BAHAN MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT



     





     






c)      ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH

ZAT-ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH


Makanan yang dikonsumsi oleh manusia mengandung berbagai unsur. Unsur tersebut ada yang bermanfaat dan ada pula yang tidak membawa manfaat bagi kesehatan manusia. Berbagai zat tersebut dapat berupa enzim, gizi, maupun toksit (racun).
Zat gizi merupakan unsur yang terkandung dalam makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Masing-masing bahan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi yang berbeda. Zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut berbeda-beda antara makanan yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut dapat berupa jenis zat gizi yang terkandung dalam makanan, maupun jumlah dari masing-masing zat gizi.
Satu janis zat gizi tertentu kemungkinan terkadung/ terdapat pada jenis bahan pangan, namun bisa dimungkinkan zat gizi tersebut tidak terdapat pada bahan pangan yang lain.
Untuk satu jenis zat gizi tertentu, mungkin saja banyak terkandung pada satu jenis makanan, namun bisa saja tidak terdapat sama sekali pada makanan yang lainnya. Selain itu jumlah zat gizi tertentu terdapat dalam jumlah yang banyak pada salah satu jenis makanan, namun bisa saja hanya terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit pada makanan yang lainnya. Oleh karena itu agar tubuh tidak kekurangan salah satu zat gizi, maka manusia tidak boleh tergantung pada satu jenis pangan saja, tapi harus mengkonsumsi makanan yang beragamjenisnya.
Zat gizi dikelompokkan berdasarkan beberapa hal, yaitu
berdasarkan fungsi, berdasarkan jumlah yang dibutuhkan tubuh
dan berdasarkan sumbernya:

1.      Berdasarkan fungsi
Setiap zat gizi memiliki fungsi yang spesifik. Masing-masing zat gizi tidak dapat berdiri sendiri dalam membangun tubuh dan menjalankan proses metabolisme. Namun zat gizi tersebut memiliki berbagai fungsi yang berbeda.


a)      Zat gizi sebagai sumber energi
Sebagai sumber energi zat gizi bermanfaat untuk menggerakkan tubuh dan proses metabolisme di dalam tubuh.
Zat gizi yang tergolong kepada zat yang berfungsi memberikan energi adalah karbohidrat , lemak dan protein. Bahan pangan yang berfungsi sebagai sumber energi antara lain : nasi, jagung, talas merupakan sumber karbohidrat; margarine dan mentega merupakan sumber lemak; ikan, daging, telur dan sebagainya merupakan sumber protein. Ketiga zat gizi ini memberikan sumbangan energi bagi tubuh. Zat-zat gizi tersebut merupakan penghasil energi yang dapat dimanfaatkan untuk gerak dan aktifitas fisik serta aktifitas metabolisme di dalam tubuh. Namun penyumbang energi terbesar dari ketiga unsur zat gizi tersebut adalah lemak.
b)      Zat gizi untuk pertumbuhan dan mempertahankan jaringan tubuh
Zat gizi ini memiliki fungsi sebgai pembentuk sel-sel pada jaringan tubuh manusia. Jika kekurangan mengkonsumsi zat gizi ini maka pertumbuhan dan perkembangan manusia akan terhambat. Selain itu zat gizi ini juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh.
Zat gizi yang termasuk dalam kelompok ini adalah protein, lemak, mineral dan vitamin. Namun zat gizi yang memiliki sumber dominan dalam proses pertumbuhan adalah protein.

c)      Zat gizi sebagai pengatur/ regulasi proses di dalam tubuh
Proses metabolisme di dalam tubuh perlu pengaturan agar terjadi keseimbangan. Untuk itu diperlukan sejumlah zat gizi untuk mengatur berlangsungnya metabolisme di dalam tubuh.
Tubuh perlu keseimbangan, untuk itu proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh perlu di atur dengan baik.
Zat gizi yang berfungsi untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh adalah mineral, vitamin air dan protein. Namun yang memiliki fungsi utama sebagia zat pengatur adalah mineral dan vitamin.

2.      Berdasarkan jumlah
Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh zat gizi terbagai atas dua, yaitu:

a)      Zat gizi makro

Zat gizi Makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar dengan satuan gram. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi makro adalah karbohidrat, lemak dan protein.
b)      Zat gizi mikro

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit tapi ada dalam makanan. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Zat gizi mikro menggunakan satuan mg untuk sebagian besar mineral dan vitamin.

3.      Berdasarkan sumbernya
Berdasarkan sumbernya zat gizi terbagi dua, yaitu nabati dan hewani



























A.    FUNGSI ZAT GIZI YANG TELAH DISEBUTKAN DENGAN LENGKAP
-          Karbohidrat
Fungsi karbohidrat bagi tubuh:
a). Menghasilkan energi
b). Cadangan tenaga bagi tubuh
c). Memberikan rasa kenyang
-          Protein
Fungsi protein yaitu:
a). Untuk membangun sel-sel jaringan tubuh manusia
b). Untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak
c). Menjaga keseimbangan asam  basa pada cairan tubuh
d). Sebagai penghasil energi
-          Lemak
Fungsi lemak yaitu:
a). Penghasil energi
b). Penghasil asam lemak esensial
c). Sebagai pelarut vitamin
d). Memberi rasa kenyang
e). Protein sparer
-          Vitamin
Vitamin merupakan suatu molekul organik yang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal.
-          Fungsi vitamin A:
a). Sebagai bahan untuk membuat rodopsin yang diperlukan dalam proses penglihatan
b). Untuk pemeliharaan jaringan pelapis
c). Untuk membantu proses pertumbuhan tubuh
-          Fungsi vitamin D:
a). Mengetur metabolisme garam dapur
b). Menggiatkan penyerapan garam kapur dan garam fosfor
c). Mengatur pembenbentukan garam fosfor dalam tubuh yang digunakan untuk pengerasan tulang
-          Fungsi vitamin C:
   Berguna dalam pembentukan dan pemeliharaan zat prekat yang menghubungkan sel-sel dengaan sel dari berbagai jaringan


        E. MANFAAT DARI MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT

v  Makanan dan Minuman Sehat
Makanan dan Minuman sehat adalah makanan dan minuman yang mengandung tri guna makan dan minum. triguna makan dan minum  adalah makanan dan minuman yang mengandung tiga kegunaan yaitu :
  • sebagai zat pembangun
  • sebagai zat pengatur
  • sebagai zat tenaga
Makanan dan minuman sehat biasanya di sebut sebagai makanan empat sehat lima sempurna. Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan dan minuman yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :
1.      Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2.      Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3.      Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4.      Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5.      Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

v  Cara Memilih Makanan dan Minuman Sehat
Ø  Memilih Makanan
Makanan merupakan salah satu sumber energi bagi manusia yang hidup di bumi. Ada banyak fungsi makanan bagi tubuh kita diantaranya sebagai sumber vitamin, energi dan untuk pertumbuhan. Meski demikian tidak semua makanan mengandung zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan ada makanan yang tidak sesuai dengan tubuh kita dan malah zat yang terkandung makanan tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam tubuh kita. Maka dari itu kita dituntut untuk lebih cermat dan teliti lagi dalam memilih makanan yang sesuai dengan kita. Biasanya orang yang beranggapan bahwa makanan yang sehat pasti tidak enak rasanya. Memang, hal tersebut bisa terjadi namun jika kita dapat memilih makanan dengan benar,maka kita akan menemui makanan yang tentunya sehat sekaligus terasa enak kita rasakan. Berikut tips mengenai memilih makanan yang sehat sekaligus terasa lezat saat kita konsumsi.
No
Tips makanan yang sehat
1
Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
2
Konsumsi padi-padian penuh buah dan sayuran
3
Atur berat badan seimbang
4
Makan dalam ukuran yang layak
5
Makan secara teratur
6
Kurangi, bukan membatasi porsi makan
7
Seimbangkan pilihan makanan anda setiap saat
8
Mengetahui kesulitan program diet anda
9
Buat perubahan secara bertahap

Selain itu, dalam memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita ada beberapa hal yang harus kita ketahui diantaranya makanan tersebut tidak mengandung bahan pengawet, makanan yang tidak mengandung bahan pengawet juga harus bebas dari kandungan zat yang memicu kanker. Selain iitu awasi juga tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertera dalam kemasan makanan tersebut. Jika sudah lewat dari tanggal kadaluwarsa, biasanya makanan tersebut sudah kotor dan sudah tidak mengandung gizi yang diperlukan bagi tubuh.
Zat gizi yang terkandung dalam makanan memang tidak sempurna, maksudnya ada jenis makanan yang tidak mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu kita juga harus melengkapi zat gizi tersebut dari jenis makanan yang lain. Keterangan tadi juga berarti ada saling ketergantungan antara zat gizi. Misal,zat mangan (Mn) didalam tubuh kurang, maka vitamin A juga tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Vitamin dalam makanan juga harus diengkapi dengan pemenuhan kebutuhan energi. Pemenuhan kebutuhan energi tersebut dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein,karbohidrat dan lemak.
Lemak yang terkandung dalam makanan juga harus kita perhatikan, lemak yang aman dikonsumsi oleh manusia berasal dari makanan seperti kacang dsb. Lemak yang sehat akan sangat berguna bagi penyerapan vitamin-vitamin A,D,E,dan K. Vitamian A misalnya, vitamin yang berasal dari zat besi Semua Kebutuhan akan konsumsi makanan yang sesuai berkisar antara 15-25 % dari kebutuhan energi. Dalam mengkonsumsi jenis makanan juga harus disesuaikan dengan waktu kita mengkonsumsi. Hal-hal seperti jangan terlambat untuk sarapan pagi juga harus selalu diperhatikan. Makan pagi memang sangat bermanfaat bagi setiap orang. Baik dewasa maupun anak kecil,karena dengan makan pagi kita dapat mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktifitas kerja.
Makanan yang kita konsumsi juga harus diimbangi dengan konsumsi air. Karena air di dalam tubuh kita sangat berguna untuk melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh kita, air juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, pengaturan suhu tubuh juga memerlukan air, sehingga semakin banyak air yang kita konsumsi maka kestabilan suhu tubuh kita akan terjaga dengan baik.


Ø  Memilih Minuman
Air adalah pilihan ideal untuk menghilangkan rasa haus, karena tidak jadi menggemukkan, selain itu, air juga mengandung fluoride yang dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi serta tulang rapuh. Air mineral Di pasaran kita mudah mendapatkan air mineral, memang terasa sangat praktis membeli air mineral bila sedang melakukan perjalanan, daripada harus membawa botol air minum dari rumah. Karena air ini tidak menggemukkan, maka air ini sehat untuk diminum. Tapi kita juga mesti hati-hati terhadap air mineral yang beredar sekarang karena banyak yang belum memiliki izin sehingga kehegienistasnya meragukan. Adapun perbedaan rasa pada air ini dikarenakan adanya perbedaan kandungan mineral pada air tersebut. Teh dan kopi kedua minuman ini tidak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh sehingga tidak menggemukkan. Tapi keduanya mengandung kafein, yang dapat merangsangkan sistem syaraf dan bisa mengakibatkan sulit tidur pada sebagian orang. Batas kadar kafein yang aman setiap harinya adalah 250 mg jika kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh melebihi 550 mg setiap harinya, maka dapat mempertinggi resiko keguguran, atau bayi lahir prematur. Susu yang beredar biasanya adalah susu sapi dimana bayi yang berusia kurang dari enam bulan, susu ini dianggap kurang memenuhi syarat. Akan tetapi bagi anak-anak yang sudah lebih besar, susu sapi memberikan gizi yang memadai, mulai dari riboflavin, salah satu rangkaian B complex hingga kalsium dan profetin. Unsur dalam susu yang kurang mencukupi adalah zat besi, vitamin C dan vitamin B1. Susu skim atau buttermilk baik dikomsumsi bagi mereka yang ingin mengurangi kadar lemak dalam susu. Dan penelitian juga telah menunjukkan bahwa baik susu full cream ataupun skim dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan tetap mempertahankan kesehatan dan vitalitas tubuh. Soft drink dibuat dengan menambahkan banyak gula, karbon dioksida, zat pewarna dan esens pada air. Setiap kaleng soft drink memberi sekitar 11 sampai 12 gula kotak. Sedangkan minuman cola yang juga tergolong soft drink, terdapat tambahan kafein dan fosfor. Pemanis buatan yang terkandung di dalamnya memang masih dalam jumlah batas aman, akan tetapi sama sekali tak bermanfaat bagi tubuh. Minuman jenis ini bukanlah pilihan yang terbaik karena tidak ada keuntungan yang dapat diperoleh dari minuman ini. Sari buah Cara yang lebih baik untuk mendapatkan tambahan vitamin C ataupun vitamin lainnya, adalah dengan meminum sari buah asli, disamping itu sebagian besar buah-buahan juga mengandung karotin yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, vitamin B serta mineral. Kelemahan jika kita mengkonsumsi semua buah dalam bentuk minuman, maka kita akan kehilangan serat yang bisa diperoleh jika kita memakannya langsung atau masih dalam wujud buah aslinya. Minuman beralkohol orang yang gemar minuman beralkohol seperti anggur maupun bir, hendaknya berhati-hati. Terutama bagi wanita, minuman beralkohol dapat mengakibatkan keguguran, gangguan dalam kesuburan dan kelahiran prematur. Selain membuat kecanduan mengkonsumsi minunam beralkohol secara terus menerus dalam jangka panjang akan merusak sistem tubuh kita. Fungsi otak dan sistem saraf akan rusak secara permanen. Hati yang merupakan organ yang berfungsi memecahkan dan mengeluarkan alkohol dari darah akan mengalami peradangan (hepatitis), sirosis dan kanker hati. Konsumsi alkohol secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke. Jumlah alkohol yang berlebihan akan mengiritasi lambung sehingga timbul gastritis. Alkohol mengandung efek diuretik (meningkatkan jumlah urin), sehingga jika berlebihan akan menimbulkan kerusakan ginjal. Alkohol dapat meningkatkan gairah seksual, namun, bila berlebihan malah dapat menimbulkan impotensi. Alkohol menimbulkan warna kemerahan pada wajah (flushing), yang akan menetap pada pecandu berat.









F.FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG POLA HIDUP SEHAT
         Kehidupan di kota besar yang bermobilitas sangat tinggi kerap terjebak dalam etos kehidupan yang kurang menguntungkan dari sisi kesehatan. Rutinitas hidup dimulai dari kemacetan lalu lintas yang membutuhkan ekstra kesabaran, energi, dan dijejali polusi asap kendaraan bermotor, jam kerja yang panjang dalam kompetisi yang rnenguras tenaga hingga pola makan yang tidak teratur, gizi tidak seimbang, jauh dari angka ideal kecukupan gizi. Bila anda hidup di lingkaran seperti ini gejala seperti lemas, pusing, loyo, dan mudah capek seringkali terjadi.



Untuk mendapat tubuh yang sehat & bugar, pola hidup sehat harus diterapkan. Tidak bisa hanya dengan mengatur pola makan saja, tetapi juga rutin berolahraga serta istirahat yang cukup. Dengan tiga faktor tersebut, tubuh akan senantiasa sehat dan kuat.

Dalam piramida makanan yang di keluarkan oleh USDA 2005 (Gambar 1) juga terlihat bahwa olahraga (aktifitas fisik) dimasukkan dalam  faktor yang penting dalam pola hidup harian. Jadi untuk hidup sehat tidak cukup dengan hanya mengatur pola makan.

Nutrisi sebagai bahan bakar dan bahan baku pemulihan. Olahraga menjadi rangsangan dan tantangan aktivitas bagi tubuh. Istirahat diperlukan tubuh untuk memulihkan diri dan beradaptasi dari rangsangan yang diterima.

    A.Nutrisi
Pangan yang diperlukan untuk kita hidup sehat setiap hari adalah pangan yang beragam, bergizi (nutrisi) dan seimbang. Nutrisi berperan sebagai sumber tenaga atau bahan bakar untuk aktivitas tubuh sehari-hari. Zat gizi juga berperan sebagai materi yang diperlukan tubuh untuk memulihkan dan memperbaiki diri dari kerusakan. Nutrisi terdiri atas dua kategori besar, yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Pengaturan dan upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi makro dan mikro dinamakan diet.
§  Nutrisi Makro

Nutrisi makro adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk suplai energy, membentuk sel dan perawatan tubuh yaitu karbohidrat, protein, dan lemak





§  NutrisIMikro

Nutrisi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk membantu proses metabolisme tubuh agar dapat berlangsung dengan baik yaitu vitamin, mineral, enzim, asam lemak esensial, antioksidan, fitonutrien dan senyawa penting lainnya

Vitamin adalah unsur organik. Vitamin mengaktifkan enzim-enzim, berupa protein yang bekerja sebagai katalis, untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kita..

Mineral adalah unsur anorganik. Mineral berasal dari batu-batuan dan bijih-bijih mineral.

Mineral terdiri atas:
  1. Kalsium dan magnesium adalah unsur utama pembentuk tulang.
  2. Sodium dan potasium berguna untuk mengontrol keseimbangan air dalam tubuh.
  3. Mineral yang lainya, seperti chromium, besi, dan magnesium, dibutuhkan untuk beberapa proses kimia dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, kita hanya bisa mendapatkannya dari makanan atau suplemen karena tubuh kita tidak bisa memproduksi sebagian besar vitamin dan mineral dengan sendirinya. Tubuh kita hanya bisa menghasilkan vitamin D dan K.

Vitamin memiliki banyak peranan dan mempengaruhi kesehatan sistem organ dan fisiologis tubuh. Vitamin harus dikombinasikan dengan mineral, protein untuk mendukung kerja enzim dalam reaksi biokimia dalam tubuh. Satu macam vitamin memiliki fungsi secara luas dan kompleks. Vitamin dan mineral dibutuhkan untuk tumbuh, meningkatkan fungsi fisik dan kesehatan tubuh secara optimal. Kebutuhan vitamin harian haruslah dicukupi untuk mencegah berbagai penyakit, vitamin juga memiliki kelebihan untuk terapi mengurangi gejala penyakit. Sebagai contoh, niasin digunakan untuk merendahkan kadar kolesterol dan vitamin A digunakan untuk mencegah penurunan fungsi penglihatan.

Beberapa vitamin berfungsi sebagai antioksidan dan perangsang sistem imun, yaitu vitamin A (retinol), C, dan E (tokoferol). Pembentuk jaringan epitel mukosa dan sekresinya, misalnya vitamin A dan E. Adapula yang bekerja sebagai pembentuk neuro-transmiter saraf, sistem darah, dan enzim (sebagai ko-enzim), misalnya vitamin B kompleks. Vitamin D berfungsi khusus pembentukan tulang, dan vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.




Vitamin B kompleks ini terdiri dari:
  • Vitamin B1 (Thiamin), jumlah yang dianjurkan : 1.5 mg/hari. Berfungsi untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan susunan syaraf.
  • Vitamin B2 (Riboflavin), jumlah yang dianjurkan: 1.7 mg/hari. Berfungsi untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
  • Vitamin B3 (Niacin), jumlah yang dianjurkan : 20 mg/hari. Berfungsi untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf dan kesehatan rambut.
  • Vitamin B5, jumlah yang dianjurkan :10 mg/hari. Berfungsi membantu melepaskan energi dari  makanan, mempertahankan kesehatan jaringan dan rambut.
  • Vitamin B6 (Pyridoxin), jumlah yang dianjurkan: 2 mg/hari. Berfungsi membantu melepaskan energi dari makanan, membantu pembentukan sel darah merah serta mempertahankan kesehatan sistim syaraf.
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin), jumlah yang dianjurkan :6 mcg/hari. Vitamin itu membantu pembentukan sel darah merah/mencegah anemia, mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf.
Ada pula senyawa lain yang bekerja seperti vitamin yaitu karoten, zat warna (pigmen) tertentu di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai vitamin A, dan karnitin (dari daging) bekerja sebagai vitamin B kompleks. Karena terdiri atas banyak jenis senyawa yang berbeda, vitamin dikelompokkan menjadi vitamin larut air (vitamin C, B kompleks) dan vitamin larut lemak (vitamin A, D, E, dan K). Termasuk dalam kelompok vitamin B adalah vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B6 (piridoksin), B12 (sianokobalamin),niasin (B3), biotin, asam pantotenat, dan asam folat. Vitamin larut air tidak disimpan oleh tubuh sehingga perlu dipasok terus dari makanan atau suplemen, sedangkan vitamin larut lemak disimpan oleh tubuh tetapi bila kelebihan dapat menimbulkan efek samping keracunan vitamin. Karena itu, penggunaan vitamin larut lemak dalam dosis tinggi(vitamin A dan E) yang disarankan sebagai antioksidan haruslah berhati-hati karena dapat menurunkan respons sistem imun.

Vitamin dan mineral tidak mengandung kalori sehingga anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya. Penyerapan vitamin dapat berkurang dikarenakan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol, dan obat-obatan, bagi individu yang mempunyai kebiasaan tersebut, konsumsi vitamin dan mineral harus ditingkatkan setiap harinya.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan & minuman suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral merupakan salah satu pilihan yang aman untuk menjaga kesehatan kita yang sangat berharga dan menghindarkan dari segala bentuk penyakit.





    B.Olahraga

Secara umum, olahraga adalah aktivitas yang sengaja dilakukan seseorang yang meluangkan waktu untuk melatih tubuhnya, tidak hanya secara jasmani seperti melatih kekuatan otot dan tubuh tetapi juga kerohanian yang difokuskan untuk menjaga keseimbangan pikiran pelaku. Maka dengan berolahraga, Anda dapat mempersehat kondisi fisik sekaligus mendapat ketenangan psikis.

Dengan memilih untuk berolahraga secara rutin, tidak hanya akan memperbaiki kinerja organ tubuh dari luar tetapi juga menyempurnakan fungsi metabolisme tubuh dari dalam agar terjalin keseimbangan yang tidak membawa efek samping jangka panjang pada tubuh Anda.

C.   Istirahat





BAB III

PENUTUP

A.    KESIMPULAN

                   Bagaimana menjaga agar kondisi jasmani dan rohani Anda senantiasa sehat? Pengertian hidup sehat mencakup aturan dan pola seseorang untuk menjalankan hidup ini dengan cara proporsional dan terkontrol. Pola tersebutlah yang akan membuat orang menjadi sehat. Untuk sehat butuh aturan, jika hidup tanpa aturan maka akan muncullah kehidupan yang serampangan. Bukan hanya kesehatan fisik yang akan terganggu, namun lebih berbahaya lagi jika menyangkut kesehatan jiwa.
                   Kesehatan amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat mereka memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani. Pengertian hidup sehat ini menjadi cara seseorang untuk menuju kebahagiaan hidup.
                   Bayangkan saja, jika Anda mempunyai segudang kekayaan dan dikelilingi orang-orang tercinta di sekitar Anda, akan tetapi Anda dalam keadaan stres atau terbaring di rumah sakit, apakah Anda akan merasakan kebahagiaan secara sempurna. Oleh sebab itu mulailah membiasakan hidup sehat. Sebab salah satu resep kebahagiaan ternyata adalah apabila kita bisa hidup dalam kondisi sehat. Kesehatan  jasmani menjadikan manusia mempunyai kesempatan untuk mencapai usia harapan hisup lebih tinggi. Sementara kesehatan batin akan menjadikan manusia lebih optimis dalam menatap masa depan. Semua hal tersebut dapat terwujud jika manusia mau mengaplikasikan pola hidup sehat.

B.     SARAN

a)      Pola hidup sehat harus diterapkan oleh para remaja mulai dini agar di masa depan mereka tidak divonis menderita penyakit yang sulit disembuhkan
b)      Perlunya pengawasan dari orang tua agar para remaja tidak mengonsumsi makanan berpengawet dan cepat saji secara berlebihan.
c)      Membatasi penggunaan internet bagi para remaja.
d)     Kesadaran dini dari para remaja tentang kesehatan diri mereka sendiri perlu ditumbuhkan oleh orang tua, guru, maupun pemerintah.






DAFTAR PUSTAKA

Sumber:

http://dwindriaty.blogspot.com/2014/05/makalah-pola-hidup-sehat.html

http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-minum-susu-bagi-kesehatan-668.html
https://www.facebook.com/notes/cap-panda/beberapa-jenis-minuman-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/260360820669662


 

4 komentar:

  1. makalahnya bagus , bisa menjadi bahan referensi untuk makanan yang sehat.
    cara mengobati sakit gigi

    BalasHapus
  2. How to play roulette - Wooricasinos
    Here's how you can play 셉인소 roulette - how to win. 토토 프로토 In 프라그마틱 슬롯 casino 바카라 커뮤니티 games, roulette is played on the dealer's 인생도박 position. The game's objective is to have a winning

    BalasHapus
  3. Grand Victoria Casino & Hotel - Mapyro
    Grand Victoria Casino & Hotel - 김포 출장샵 Mapyro, Australia. Grand Victoria Casino 평택 출장샵 & 순천 출장마사지 Hotel - Mapyro, Australia. 강원도 출장마사지 The Grand Victoria Casino & Hotel - 부천 출장샵 Mapyro, Australia.

    BalasHapus